Wednesday, August 26, 2015

Jenis Jaket Bahan Kain Baby Terry



 Sisi Luar Kain

Sisi Dalam Kain

Terry adalah salah satu jenis kain untuk Jaket.

Beberapa orang menyebut kain baby terry dengan sebutan baby tray. Kain ini sebenarnya bernama kain terry, terry adalah jenis kain yang unik dan berbeda dengan jenis kain lainnya. Keunikkannya adalah terletak pada teksturnya yang sangat lembut. Kain terry terasa begitu lembut karena sebagian besar bahan yang digunakan untuk membuat jenis kain ini terbuat dari cotton (katun atau serat kapas). Sebenarnya tergantung produsen kainnya, ada yang 100 % cotton ada juga yang 80 % cotton dan 20 % poly terry loop.


Jenis kain terry sendiri ada berbagai macam, yaitu Baby Terry, Terry biasa, dan French Terry (Terry Dorr). Penggunaan kain jenis terry pada awalnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan handuk, alasannya karena teksturnya yang lembut. Dalam perkembangannya kain jenis terry tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar handuk, tetapi juga digunakan sebagai bahan untuk keset, bahan pelapis sandal, dan pakaian serta jaket.
Sisi luar kain terry mirip dengan sisi luar kain kaos (jersey) double knitted, hanya saja lebih lentur dibandingkan dengan kain double knitted jersey. Rajutan sisi dalam kain terry seperti bulatan-bulatan. Penyebutan nama kain baby terry awalnya karena sebagian besar pakaian dan jaket yang dibuat dari kain terry adalah baju anak-anak, lebih tepatnya bayi atau balita. Bayi dan balita kulitnya masih sangat sensitif, jadi tidak bisa pakai jenis kain sembarangan agar kulitnya tidak iritasi. Kain jenis terry yang memiliki tekstur yang sangat lembut sangat cocok untuk kulit bayi dan balita. Dari situlah sebenarnya muncul istilah baby terry.
Kain baby terry memiliki sifat dan tekstur dari kain terry yang lembut, membuat orang dewasa pun ingin menggunakannya sebagai bahan dasar pakaian, sweater atau jaket. Tetapi karena istilah baby terry yang begitu melekat, kemudian orang tidak lagi menyebut istilah kain itu dengan bahan atau jenis kain terry, tetapi disebut sebagai kain dari bahan baby terry. Kain baby terry memberikan efek rasa hangat dan nyaman bagi pemakainya. Bulu-bulu halus di balik kain berfungsi untuk menahan suhu tubuh sehingga para pemakainya akan tetap merasa hangat walau pada udara dingin. Keunggulan kain baby terry adalah menahan panas suhu tubuh. Karakteristik kain ini yaitu tidak tahan air karena biasanya serat kain terbuat dari katun.Semoga Bermanfaat..


DEEWANS KONVEKSI
Jln. Golf 1 No. 75 - Dukuh Pakis – Surabaya
(Masuk Gapura Bumi Marinir Sebelah Hotel Singgasana Surabaya 150M)
Tlp. 0822 3443 8424 / 085730110830

Website : www.deewans.blogspot.com
E-mail : deewans.konveksi@yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites