Wednesday, August 26, 2015

Bahan Jaket Kain Fleece Atau Polar



Fleece/Polar

Kain fleece atau lebih dikenal dengan istilah “POLAR” merupakan kain yang memiliki lapisan serat seperti kapas pada permukaan bagian dalam dan luarnya. Kain Polar berasal dari campuran serat viscose, cotton dan polyester dan serat sintetik lainnya. Fleece merupakan kain rajutan yang terlihat tebal jika dibandingkan dengan cotton combad dan cardet. Dalam industri konveksi dikenal berbagai macam jenis fleece namun jenis fleece yang paling popular dan banyak digunakan adalah printed polar fleece yang biasa dijumpai dalam bentuk selimut. Bahan ini dikenal juga dengan sebutan micro fleece.


Kain Polar Fleece tersusun atas material yang berasal dari Polyethylene serta kandungan material lain yang memiliki tekstur serta karakter lembut namun kuat. Selain digunakan sebagai selimut, kain polar fleece umumnya dimanfaatkan untuk membuat baju senam, sweater olahraga, hoodie, baju outdoor, seprei, selimut, dress,  celana, dan juga mainan. Kain ini bisa digunakan sebagai bahan alternatif pengganti wol terutama bagi mereka yang memiliki alergi atau sensitif terhadap kain wol.

Secara sederhana keberadaan kain fleece dapat diklasifikasi sebagai berikut: Fleece umum 
Fleece umum berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Contoh: Polartec 100, 200, 300.

 Fleece baselayer 
Fleece baselayer lebih tipis daripada polartec 100, berfungsi membuang keringat sangat sesuai digunakan untuk baselayer atau heavyweight baselayer. Contoh: Polartec Powerdry, Polartec Powerstretch.

 Fleece high-loft 
Fleece high-loft memiliki struktur serat seperti bulu binatang "kopong" seperti. Umumnya memberikan tingkat kehangatan yang lebih tinggi dibandingkan beratnya. Contoh: Polartec Thermal Pro.

 Fleece wind resistant 
Fleece wind resistant memiliki struktur yang rapat dan mampu menahan angin lebih kuat dibandingkan fleece biasa. Contoh: Polartec WindPro.

 Fleece weather resistant with membrane 
Fleece weather resistant with membrane merupakan fleece yang disisipkan membran sehingga lebih tahan angin dan memiliki sedikit ketahanan air. Contoh: Polartec PowerShield, Gore Windstopper, Polartec WindBloc.
Pada prinsipnya kain polar dipilih sebagai bahan jaket karena memiliki beberapa keunggulan:
• Lebih hangat jika dibandingkan dengan bahan lain meski beratnya sama.
• Kain polar memiliki tekstur yang sangat lembut jika dibandingkan dengan kain tebal lainnya seperti wool.
• Serat yang terdapat pada kain polar mampu menghasilkan sirkulasi udara yang baik meski daya serap keringatnya sangat rendah.
• Kain ini sangat elastis, sehingga jaket yang terbuat dari kain polar sangat mudah dilipat dan dibawa kemana-mana.
Kain polar sangat rentan terhadap kerusakan jika dicuci dalam suhu tinggi, karena proses pengeringan atau setrika. Bahan bulu dengan kualitas yang lebih rendah juga rentan terhadap pilling. 
Semoga Bermanfaat.. ^_^

DEEWANS KONVEKSI
Jln. Golf 1 No. 75 - Dukuh Pakis – Surabaya
(Masuk Gapura Bumi Marinir Sebelah Hotel Singgasana Surabaya 150M)
Tlp. 0822 3443 8424 / 085730110830

Website : www.deewans.blogspot.com
E-mail : deewans.konveksi@yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites