Saturday, August 29, 2015

Bahan Jaket Kain Drill







Jenis Kain Drill
Anda pasti mengenal dan pernah memiliki busana berbahan kain drill. Kain drill adalah kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain drill memiliki permukaan kain terlihat garis-garis diagonal, permukaan kain antara bagian depan dan belakang berbeda, tenunannya lebih rapat dan kuat. Kain drill ini lebih lembut dan tahan kusut. Kain drill biasa terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester. Kain drill yang ringan atau tipis biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti kemeja, jaket safari, blus, dan pakaian olahraga. Untuk kain drill yang lebih tebal biasanya digunakan sebagai bahan korset dan bahan busana kerja atau seragam.
Penggunaan yang paling umum dari kain drill ini adalah pakaian olahraga dan seragam dalam bentuk khaki. Khaki diambil dari bahasa Hindi yaitu “khak” yang berarti warna debu, oleh karena itu model khaki ini biasanya kainnya berwarna coklat.
Pada jaman dahulu kain drill biasanya dipakai untuk pembuatan seragam tentara karena warnanya sesuai dengan warna lingkungan sehingga cocok untuk kamuflase, yaitu cenderung berwarna khaki atau mirip dengan warna debu. Pada perang dunia kedua, kain drill sangat populer sebagai bahan pembuatan seragam militer. Setelah perang dunia kedua usai banyak tentara kembali ke kampus sehingga kain drill menjadi populer karena digunakan untuk membuat pakaian kasual.
Kualitas dan harga kain drill menyesuaikan dengan bahan dasarnya, semakin banyak kadar katunnya maka harganya semakin mahal. Biasanya jenis kain Japan Drill mempunyai komposisi bahan katun lebih banyak dan lebih sedikit polyester, sehingga lebih nyaman ketika dipakai. Lebar kain drill yang dijual di pasaran biasanya 1,5 meter (sekitar 58 inchi).
Kain drill yang berat berbahan kain yang tebal biasanya digunakan untuk membuat seragam juru masak atau koki karena kainnya yang tebal bisa melindungi pemakainya dari panas.
Berdasarkan besar kecilnya serat, kain drill dibagi menjadi 3 jenis yaitu: Kain Twist atau Twill Drill atau kain drill serat kecil, Kain American Drill atau kain drill serat sedang, dan Kain Japan Drill atau kain drill serat besar. Terdapat satu jenis serat yang lebih besar lagi biasa dikenal dengan jenis Raphael, nama ini diambil karena jenis ini sering dipakai untuk produk fashion merk Raphael.
Kain Twist atau Twill Drill
Saat ini terdapat kain twist drill yang memiliki karakterisitik water repellent atau air tidak mudah menembus kain jenis ini. Kain ini biasanya digunakan untuk jaket almamater dengan ritsleting. Sehingga jaket almamater dengan ritsleting ini juga dapat digunakan untuk kegiatan luar ruangan.
Kain American Drill, karakteristik kain ini adalah permukaan kainnya lebih lembut. Kain jenis American drill terbuat dari bahan katun dan polyester. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat jas almamater.
Kain Japan Drill
Jenis kain drill yang paling populer digunakan untuk membuat seragam khususnya untuk seragam lapangan. Kain japan drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kain lainnya. Kain japan drill yang paling disukai adalah yang komposisinya lebih banyak terbuat dari katun karena lebih nyaman dipakai dibandingkan kain japan drill yang banyak kandungan polyesternya. Beberapa merek kain Japan Drill yang beredar di pasar antara lain Taipan Japan Drill, Nagata Japan Drill, Passuka Japan Drill, Obor Japan Drill, Verlando Japan Drill, Namura Japan Drill, Avana Japan Drill, Bravada Japan Drill. Meski sama-sama mengusung merek Japan Drill, setiap kain memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Karakteristik ini berupa fisik rajutan, kekakuan, jatuhnya kain, dan sebagainya.
Kain drill juga digunakan untuk layar pada kerajinan kapal untuk souvenir, untuk terpal, tenda, kanopi, dan lain sebagainya.
Jika Anda sering menggunakan seragam di lapangan atau outdoor, pilihan kain drill sangatlah cocok dan pas dipakai. Karena desain baju seragam lapangan umumnya menampilkan kesan gagah, juga karena kain ini lebih tebal dan lebih kuat rajutannya dibanding dengan kain yang lain. Kain drill memiliki tingkat keawetan lebih baik dan sesuai untuk pakaian safety bila digunakan untuk melakukan pekerjaan luar lapangan yang menuntut tingkat keaktifan lebih tinggi.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat...

Surabaya-Sidoarjo

Website : www.deewans.blogspot.com
E-mail : deewans.konveksi@yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites